Posted by : Yongki Aji Kurniawan
Saturday, 12 September 2015
Selama PK2 berlangsung, saya banyak mendapatkan materi maupun pelajaran yang diberikan pemateri. Diantaranya materi tentang pendidikan tinggi di Indonesia dan kegiatan akademik di perguruan tinggi dan mengenal Universitas Jember dan fakultas ekonomi, strategi belajar di perguruan tinggi, kode etik mahasiswa Universitas Jember, pengembangan kemahasiswaan dan layanan mahasiswa,LKMM pra-dasar (sifat kritis), LKMM pra-dasar (ketrampilan berkomunikasi), LKMM pra-dasar(pola pikir prestatif), LKMM pra-dasar (pengenalan dan pengembangan diri), implementasi TI untuk kegiatan Akademik (sister) dan student plan, cara pengisian formulir rencana studi(FRS) secara on line, dan caracter buliding di Secaba.
Pada materi pendidikan tinggi di Indonesia dan kegiatan akademik di perguruan tinggi dan mengenal Universitas Jember dan fakultas ekonomi, saya mendapatkan pengetahuan mengenai tujuan pendidikan tinggi diantaranya jenis, bentuk, dan program pendidikan pada perguruan tinggi yang meliputi kebebasan akademik dan mimbar akademik serta otonomi keilmuan yaitu perguruan tinggi sebagai masyarakat dan institusi ilmiah , dan sistem penyelenggaran pendidikan tinggi. Selain itu saya juga banyak mengetahui tentang Universitas Jember dan fakultas ekonomi, prestasi-prestasi fakultas ekonomi, dll.
Pada materi strategi belajar di perguruan tinggi saya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien di perguruan tinggi, yang diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan masa studinya tepat waktu.
Pada materi kode etik mahasiswa Universitas Jember saya mendapatkan referensi tentang mahasiswa dalam berperilaku selama studi di Universitas Jember yang berisikan hal-hal yang lazim dan tidak lazim dilakukan beserta sanksinya, yang sudah tertuang di dalam Statuta Universitas Jember dengan maksud untuk untuk memberikan rambu-rambu yang lebih mengikat bagi mahasiswa.
Pada materi pengembangan kemahasiswaan dan layanan mahasiswa saya mendapatkan pelajaran tentang pemberian pemahaman awal mahasiswa baru terhadap peluang pengembangan kreativitas dan inovasi yang diharapkan dapat direspon lebih lanjut oleh mahasiswa.
Dalam materi LKMM pra-dasar (sifat kritis) saya mendapatkan materi bagaimana cara berfikir secara kritis yang sebenarnya, dimana mahasiswa bisa menerapkannya di hari-hari biasa. Kalau mahasiswa bisa menerapkan itu maka segala pekerjaan yang mahasiswa lakukan, akan kelihatan mudah.
Dalam materi LKMM pra-dasar (ketrampilan berkomunikasi) saya mendapatkan banyak cara yang baik untuk melakukan komunikasi. Sayapun semakin mengetahui bagaimana cara berkomikasi dengan guru,dosen,orangtua,teman sebaya, dll.
Pada materi LKMM pra-dasar(pola pikir prestatif) saya juga dapat mengetahui bagaimana cara berpikir seorang mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang sukses. Dalam perpikir secara prestatif, yang harus diperhatikan adalah, resiko, kenyataan, harapan, dll.
LKMM pra-dasar (pengenalan dan pengembangan diri), pada materi ini saya diberikan pengetahuan tentang pengenalan diri. Mahasiswa akan semakin mengenal siapa dirinya,dan bagaimana cara mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Implementasi TI untuk kegiatan Akademik (sister) dan student plan, pada materi ini saya diberikan pengetahuan tentang sistem yang digunakan oleh Universitas Jember. Ternyata sistem yang digunakan Universitas Jember saat ini yaitu 100 % on line jadi semua komponen yang ada di Universitas Jember harus menggunakan sitem ini. Untuk mahasiswa sendiri, sistem yang di gunakan yaitu sister(sistem terpadu). Dalam sister ini mahasiswa dapat menyusun rencana belajar dan mengembangkan diri melalui student plan.
Cara pengisian formulir rencana studi(FRS) secara on line, pada materi ini saya diberikan pengetahuan bagaimana cara pengisian Formulir rencana Studi(FRS) melalui program sister. Saya juga diberikan cara untuk menggunakan dan membuat blog di sister, melalui wordpress.
Saat caracter buliding di Secaba, saya banyak memperoleh pelajaran dari sana. Jiwa nasionalisme saya semakin tergugah, dan wawasan kebangsaan saya juga semakin meningkat. Selain itu saya juga mendapatkan pelajaran tentang kedisplinan, kebersamaan, kesopanan, ketertanggungjawaban,dll.
Begitulah perjalanan saya saat mengikuti seluruh kegiatan PK2 di Universitas Jember, harapan saya dengan ini, saya menjadi orang yang sukses, dan bermanfaat bagi seluruhnya.
Pada materi pendidikan tinggi di Indonesia dan kegiatan akademik di perguruan tinggi dan mengenal Universitas Jember dan fakultas ekonomi, saya mendapatkan pengetahuan mengenai tujuan pendidikan tinggi diantaranya jenis, bentuk, dan program pendidikan pada perguruan tinggi yang meliputi kebebasan akademik dan mimbar akademik serta otonomi keilmuan yaitu perguruan tinggi sebagai masyarakat dan institusi ilmiah , dan sistem penyelenggaran pendidikan tinggi. Selain itu saya juga banyak mengetahui tentang Universitas Jember dan fakultas ekonomi, prestasi-prestasi fakultas ekonomi, dll.
Pada materi strategi belajar di perguruan tinggi saya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien di perguruan tinggi, yang diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan masa studinya tepat waktu.
Pada materi kode etik mahasiswa Universitas Jember saya mendapatkan referensi tentang mahasiswa dalam berperilaku selama studi di Universitas Jember yang berisikan hal-hal yang lazim dan tidak lazim dilakukan beserta sanksinya, yang sudah tertuang di dalam Statuta Universitas Jember dengan maksud untuk untuk memberikan rambu-rambu yang lebih mengikat bagi mahasiswa.
Pada materi pengembangan kemahasiswaan dan layanan mahasiswa saya mendapatkan pelajaran tentang pemberian pemahaman awal mahasiswa baru terhadap peluang pengembangan kreativitas dan inovasi yang diharapkan dapat direspon lebih lanjut oleh mahasiswa.
Dalam materi LKMM pra-dasar (sifat kritis) saya mendapatkan materi bagaimana cara berfikir secara kritis yang sebenarnya, dimana mahasiswa bisa menerapkannya di hari-hari biasa. Kalau mahasiswa bisa menerapkan itu maka segala pekerjaan yang mahasiswa lakukan, akan kelihatan mudah.
Dalam materi LKMM pra-dasar (ketrampilan berkomunikasi) saya mendapatkan banyak cara yang baik untuk melakukan komunikasi. Sayapun semakin mengetahui bagaimana cara berkomikasi dengan guru,dosen,orangtua,teman sebaya, dll.
Pada materi LKMM pra-dasar(pola pikir prestatif) saya juga dapat mengetahui bagaimana cara berpikir seorang mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang sukses. Dalam perpikir secara prestatif, yang harus diperhatikan adalah, resiko, kenyataan, harapan, dll.
LKMM pra-dasar (pengenalan dan pengembangan diri), pada materi ini saya diberikan pengetahuan tentang pengenalan diri. Mahasiswa akan semakin mengenal siapa dirinya,dan bagaimana cara mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Implementasi TI untuk kegiatan Akademik (sister) dan student plan, pada materi ini saya diberikan pengetahuan tentang sistem yang digunakan oleh Universitas Jember. Ternyata sistem yang digunakan Universitas Jember saat ini yaitu 100 % on line jadi semua komponen yang ada di Universitas Jember harus menggunakan sitem ini. Untuk mahasiswa sendiri, sistem yang di gunakan yaitu sister(sistem terpadu). Dalam sister ini mahasiswa dapat menyusun rencana belajar dan mengembangkan diri melalui student plan.
Cara pengisian formulir rencana studi(FRS) secara on line, pada materi ini saya diberikan pengetahuan bagaimana cara pengisian Formulir rencana Studi(FRS) melalui program sister. Saya juga diberikan cara untuk menggunakan dan membuat blog di sister, melalui wordpress.
Saat caracter buliding di Secaba, saya banyak memperoleh pelajaran dari sana. Jiwa nasionalisme saya semakin tergugah, dan wawasan kebangsaan saya juga semakin meningkat. Selain itu saya juga mendapatkan pelajaran tentang kedisplinan, kebersamaan, kesopanan, ketertanggungjawaban,dll.
Begitulah perjalanan saya saat mengikuti seluruh kegiatan PK2 di Universitas Jember, harapan saya dengan ini, saya menjadi orang yang sukses, dan bermanfaat bagi seluruhnya.